Rabu, 24 Oktober 2018

Blue Daze, Si Cantik Keluarga Morning Glory

Credit Photo: Iwi S
Kecil mungil, berbunga dan cenderung hidup adaptive di segala musim dan iklim (tropis dan sub tropis). Itulah Blue Daze. ada banyak sebutannya seperti Hawaiian Blue Eyes, Brazilian Dwarf Morning Glory, dan nama latin Evolvulus Glomeratus. Si mungil ini bisa ditanam dengan steknya, hanya dengan dipatahkan saja kemudian ditancap ke tanah atau ke pot. Sangat gampang khan. Tidak jauh berbeda dengan tanaman lain, ia lebih menyenangi ditempat yang terpapar sinar matahari pagi langsung.
Suatu hari, saya hanya membawa tiga stek yang saya patahkan dari rumpun bunga induk di rumah teman saya. Dan, dalam beberapa waktu, stek itu mengeluarkan cabang atau tangkai baru yang dihampir semua ujung tangkainya mengeluarkan bunga biru dengan putik putih.

Setiap kali satu tangkai menjadi rimbun dengan banyak tangkai cabang baru, aku mematahkan tangkai tuanya dan menancapkannya kembali ke tanah, terus menerus seperti itu sampai kemudian ia berjejer begitu banyak dan indah di atas media tanah dalam pot dinding panjang terbuat dari talang air hujan segi empat yang kucantolkan di tembol pagar rumah dengan rangka besi. Blue Daze juga akan sangat cocok sebagai bunga gantung (dengan pot gantung).

Bunga biru Blue Daze ini akan muncul di pagi hari. Mekarnya akan mengikuti siklus matahari tenggelam, sehingga di sore hari bunganya akan kuncup. Nah, bagi pencinta bunga tetapi memiliki waktu terbatas dan lahan terbatas untuk menanam, Blue Daze bisa menjadi pilihan. Kalau anda bertetanggaan dengan saya, dengan senang hati akan saya bagi dengan cuma-cuma.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tekun itu pantang tertekan, belajar dari propagasi "Peace Lily"

Memahami sebuah proses apalagi menjalaninya memerlukan ketekunan dan kesabaran. Seringnya pada prosesnya, lagi-lagi berproses terkadang penu...